Blog, Punya Banyak Manfaat

1 Juli 2011

SEORANG teman bertanya, apa manfaat memiliki blog?

Saya paham, pertanyaan itu lahir karena selama ini ia memahami internet hanya sebatas situs pertemanan dan permainan online.

Saya pun menyampaikan sejumlah hal tentang blogging, sebagaimana dipaparkan dalam Panduan Belajar Blog dan juga berdasar pengalaman saya mengelola blog.

Blog merupakan sebuah media yang paling umum digunakan oleh masyarakat untuk mempublikasikan apa saja yang ingin mereka bagikan, tulisan, foto, film dan sebagainya. Dalam perkembangannya, blog kemudian memiliki banyak manfaat, diantaranya;

Media Aktualisasi Diri

Blog merupakan tempatnya berbagi. Apa saja bisa kita bagikan! Dengan memiliki blog, kita akan mampu membagikan begitu banyak sekali hal menarik yang bermanfaat. Misalnya, pengetahuan terbaru, berita atau informasi terbaru, serta foto terbaru. Nah, dengan kondisi yang demikian tentu akan memungkinkan kita untuk mendapat sumber-sumber pengetahuan yang bermanfaat hingga akhirnya proses aktualisasi diri kita pun akan tercapai.

Media Melepas Stres
Dalam blogging, aktifitas utamanya adalah menulis. Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata menulis dapat meredakan stres! Michele Weldon dalam karyanya Write to Save Your Life, menuturkan jika menulis jurnal atau buku harian dapat dijadikan sebagai terapi untuk menyembuhkan trauma emosi yang dihadapi.

Media Dokumentasi Online
Blog dapat kita manfaatkan sebagai tempat untuk menuliskan apa saja peristiwa yang berkesan dalam hidup kita. Tujuannya tidak lain adalah sebagai pendokumentasian yang akan bermanfaat untuk kita kenang di masa mendatang.

Media Mendapatkan Banyak Teman
Blog dapat membuat kita mendapat banyak teman. Aktifitas yang menunjukan jika kita punya banyak teman adalah banyaknya pengunjung yang membaca blog, saling bertukar link dan saling menjadi follower. Selain berdampak positif bagi kemajuan blog kita, memiliki banyak teman blogger juga akan membuat jalinan silaturahmi yang kuat dengan teman-teman tersebut yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam menjalin persahabatan.

Media
Personal Branding
Dengan memiliki blog dan menuangkan keahlian yang kita miliki dalam blog tersebut, maka secara otomatis akan menjadi personal branding bagi kita, pemilik blog. Masyarakat sebagai pembaca blog akan mengetahui jika kita memiliki keahlian atau keterampilan dalam bidang tertentu dengan mambaca blog kita. Jika seseorang membutuhkan keahlian kita, maka bisa jadi mereka akan menghubungi kita untuk menggunakan keahlian itu.

Media Promosi
Saat ini, blog menjadi sarana yang paling ampuh untuk berpromosi. Kita dapat memasarkan produk barang, jasa, keahlian, atau apapun ke dalam sebuah blog. Saat ini, banyak pengusaha yang membuat blog untuk menjadikannya sebagai media promosi online atas produk usahanya agar jaringan pemasaran usahanya lebih meluas.

Home Base di Dunia Maya
Sebuah blog dapat dijadikan sebagai sebuah home base di dunia maya. Entah itu untuk menunjukan eksistensi kita ataupun dengan maksud lain, tetapi yang jelas dengan memiliki blog akan lebih mudah memberitahukan ke teman-teman kita jika sewaktu-waktu mereka ingin mampir ke rumah online kita yang sejatinya adalah blog kita tersebut.

Ada Kebanggaan Menjadi Blogger
Dengan memiliki blog, tentu akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi kita. Meskipun blog kita biasa-biasa saja, tidak begitu bagus dari sisi tampilan desain dan isi potingan, tapi kita akan tetap merasa bangga. Apa sebabnya? Kita merasa selangkah lebih maju dalam dunia internet.

Media Menghasilkan Uang
Sebuah blog dapat menghasilkan uang? Tentu saja bisa! Hal ini disebut monetisasi blog. Aktifitas sederhana dari monetisasi blog ini misalnya mendapatkan bayaran dari memasang iklan di blog kita atau mendapatkan uang dari membuat review produk. Tentang monetisasi blog ini, akan dijelaskan kemudian.

Sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang dapat kita dapatkan dengan blogging. Nah, tertarik membuat blog? Ayo buat blogmu sekarang! | **

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME