Menulis Blog, Punya Etika

6 Juli 2011

DALAM acara Blogilicious yang diselenggarakan idblognetwork di Jakarta beberapa waktu lalu, Risa Amirkasari, pemerhati blog, mantan wartawati, konsultan Hak Kekayaan Intelektual mengajak para blogger Membudayakan Etika dalam Menulis Blog.

Dalam makalahnya, penulis populer yang dikenal dengan nama pena Rose Heart ini mengemukakan, saat ini blog dikenal sebagai salah satu media online yang sangat berpengaruh untuk menyuarakan buah pikiran.

Meski tak memiliki latar belakang jurnalistik, para penulis blog yang biasa disebut blogger yang berasal dari berbagai kalangan, bisa mempublikasikan tulisannya.

Layaknya sebuah tulisan yang bisa diakses dan dibaca oleh semua pengguna internet, tentunya dalam menulis blog diperlukan juga aturan-aturan yang menyangkut etika dalam berkomunikasi online. Beberapa tahun belakangan ini, untuk meningkatkan kualitas blog dan tulisan para blogger, beberapa aturan baik tertulis maupun tak tertulis patut diperhatikan.

Bicara soal Etika, dalam kata itu terkandung tiga pengertian yakni; pertama, nilai-nilai atau norma-norma moral yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah laku. Kedua, kumpulan asas atau nilai moral, misalnya kode etik. Ketiga, ilmu tentang ‘baik’ atau ‘buruk’.

Secara etimologi, etika berasal dari bahasa Yunani, ethos yang artinya watak. Sedangkan moral berasal dari kata mos (bentuk tunggal) atau mores (jamak) yang artinya kebiasaan. Karena luasnya cakupan etika sebagai ilmu itulah, Risa Amirkasari mengajak para blogger Indonesia lebih dapat membudayakan etika menulis blog, lebih suka mengajak untuk bersepakat mengenai hal-hal yang baik dan benar dalam menulis blog masing-masing.

Diakhir sesi dialog interaktif ‘Etika Blog’ itu, Risa kemudian menawarkan 12 butir kesepakatan terkait Membudayakan Etika dalam Menulis Blog, yakni;

  1. Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dengan menghindari plagiarisme, pembajakan, dan selalu mencantumkan sumber setiap kali mengutip karya orang lain.
  2. Tidak mendiskreditkan pihak lain dan selalu berkomitmen untuk menulis secara proporsional.
  3. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
  4. Selalu berbagi pengetahuan dan kebaikan melalui blog masing-masing.
  5. Tidak berprasangka dan hanya menulis berdasarkan fakta yang diyakini bisa dibuktikan serta tetap dengan menjunjung tinggi etika kesopanan dalam menulis.
  6. Tidak melakukan spamming melalui kolom komentar.
  7. Tetap menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam memberikan komentar pada blog yang dikunjungi.
  8. Tidak melakukan hack pada website atau blog lain.
  9. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang menyinggung atau mengandung unsur SARA.
  10. Menggunakan bahasa yang baik dalam menulis.
  11. Tetap menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam menulis tetapi tidak melanggar hak-hak orang lain.
  12. Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudian hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog.
Ke-12 butir kesepakatan ini pun ditandatangani oleh sekitar 59 blogger yang hadir dalam acara Blogilicious idblognetwork ini. Sebuah kesepakatan yang dapat melindungi kak kekayaan intelektual para blogger.

Jika saja menghadiri acara ini, tentu saja saya pun ikut menandatanganinya. Maju terus Blogger Indonesia! | **

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME