Selamat Datang Ramadhan

1 Agustus 2011

masjid emasWAHAI manusia, sungguh telah datang kepada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari yang paling utama.

Malam-malamnya adalah malam yang paling mulia. Waktu demi waktu di dalamnya adalah saat yang paling utama. Inilah bulan ketika kalian diundang menjadi tamu-tamu Allah dan dimuliakan olehNya.

Wahai manusia, sesungguhnya pada bulan ini pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar Dia tidak akan pernah menutupkannya lagi untukmu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Tuhanmu agar Dia tidak pernah membukanya lagi bagimu.

Setan-setan terbelenggu, maka mohonlah kepada Tuhanmu agar mereka tidak lagi dapat menguasaimu.

Itulah penggalan dari khutbah Rasulullah SAW menyambut datangnya bulan Ramadhan. Kedudukan Ramadhan diantara bulan hijriah lainnya memang amat tinggi. Sebab bulan yang juga disebut Syahrut Tabiyah dan Sahrul Jihad ini adalah tamu yang sangat agung yang selalu dinanti dan ditunggu oleh kaum muslimin di seluruh dunia.

Ramadhan adalah bulan dengan penuh keistimewaan, ketika doa orang yang berpuasa adalah mustajab Rasulullah SAW bersabda: "Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya." (HR Baihaqi).

Keistimewaan lainnya ialah, Ramadhan adalah bulan penuh berkah, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan pun dibelenggu. Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

Rasulullah SAW bersabda: "Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR. Ahmad).

Pada bulan Ramadhan, Allah SWT membebaskan penghuni neraka pada setiap malam bulan Ramadhan. Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup.

Puasa Ramadhan bisa menebus dosa-dosa yang telah lewat, dengan syarat puasanya ikhlas. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa berpuasa dibulan Ramadhan karena Iman dan mengharap balasan (pahala) dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari dan Muslim).

Orang yang banyak beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan, maka dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap balasan (pahala), maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Memberi buka orang yang berpuasa mendapat pahala sebanyak pahala orang yang puasa tersebut, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa memberi bukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut." (HR Ahmad).

Sedekah yang paling baik ada pada bulan Ramadhan, sebagaimana yang diungkapkan Rasulullah SAW: "Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi).

Orang yang melaksanakan Umrah pada bulan Ramadhan maka mendapat pahala seperti melakukan Haji. Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya umrah dibulan Ramadhan sama dengan pahala haji." (HR Bukhari).

Itulah keistimewaan bulan Ramadhan, karenanya selalu persiapkan diri menuju kemenangan dengan memelihara Tips Sukses Ramadhan. Perbanyak ibadah untuk menyertai ibadah puasa, perbanyak berzikir dan mengaji. Untuk membaca Al Quran secara digital, dapat menggunakan Al Quran Viewer (klik untuk mendownload) atau mengaji lewat blackberry dengan Al Quran for Blackberry (klik untuk mendownload).

Mari jalani Ramadhan dengan Gembira, semoga kita manjadi insan yang taqwa! | **

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME