Khutbah Rasulullah SAW Menyambut Ramadhan

2 Oktober 2007

WAHAI manusia, sungguh telah datang kepada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam yang paling mulia.

ramadhan

Waktu demi waktu di dalamnya adalah saat yang paling utama. Inilah bulan ketika kalian diundang menjadi tamu-tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya.

Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu adalah ibadah, amal-amalmu diterima, dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan puasa dan membaca kitab-Nya.

Celakalah orang yang tidak mendapatkan ampunan Allah di bulan yang agung ini. Dengan rasa lapar dan haus, ingatlah kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fakir dan miskin. Muliakanlah orang tuamu.

Sayangilah orang yang muda. Sambungkanlah tali persaudaraanmu. Jaga lidahmu. Tahan pandanganmu dari apa yang diharamkan bagimu untuk memandangnya dan jaga pendengaranmu dari apa yang tidak dihalalkan mendengarnya.

Kasihilah anak-anak yatim, maka anak-anakmu pun akan disayangi oleh orang lain. Bertobatlah kamu kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tanganmu untuk berdoa di setiap waktu shalatmu, karena itulah saat-saat utama ketika Allah azza wajalla memandang hamba-Nya dengan penuh kasih, menjawab doa hamba-Nya ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa hamba-Nya ketika mereka berdoa kepada-Nya.

Wahai manusia, sesungguhnya dirimu tergadai karena amalmu, maka bebaskanlah dirimu dengan istighfar. Sungguh punggung-punggungmu berat karena dosamu, maka ringankanlah dengan sujud.

Ketahuilah, Allah Ta'ala bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa dia tidak akan mengazab orang-orang yang shalat dan sujud dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan Rabbul 'Alamin.

Wahai manusia, barangsiapa di antara kamu memberi buka puasa kepada orang-orang mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan dia akan diberi ampunan atas dosa-dosanya yang lalu.

Sahabat-sahabat bertanya; "Ya Rasulullah, tidak semua di antara kami mampu melakukan itu?" Rasulullah meneruskan, jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan seteguk air.

Wahai manusia, siapa yang membaguskan akhlaknya pada bulan ini akan berhasil melewati shirath pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannnya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, maka Allah akan meringankan pemeriksaan-Nya di hari kiamat.

Barangsiapa yang menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari dia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa yang memuliakan anak yatim di bulan ini, maka Allah akan memuliakannya pada hari dia bertemu dengan-Nya.

Barangsiapa yang menyambung silaturrahmi di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari dia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa yang memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari dia bertemu dengan-Nya.

Barangsiapa yang melakukan shalat sunnah di bulan ini, baginya ganjaran seperti melakukan tujuh puluh shalat fardhu di bulan lainnya. Barangsiapa yang memperbanyak shalawat di bulan ini, Allah akan memperberat timbangannya pada hari ketika timbangan yang lain lebih ringan.

Barangsiapa yang membaca satu ayat Al Quran di bulan ini, maka baginya nilainya sama dengan mengkhatam Al Quran pada bulan yang lain.

Wahai manusia, sesungguhnya pada bulan ini pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhan mu agar Dia tidak akan pernah menutupkannya lagi untukmu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Tuhan mu agar Dia tidak pernah membukanya lagi bagimu.

Setan-setan terbelenggu, maka mohonlah kepada Tuhan mu agar mereka tidak lagi dapat menguasaimu. | dari berbagi sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME