Yuk, Membaca Koran Versi Digital

7 Juli 2011

PERKEMBANGAN internet yang pesat saat ini membuat media cetak mesti mengimbanginya dengan menyajikan informasi yang cepat. Selain versi cetak, sejumlah media terutama surat kabar juga menyajikan berita dalam bentuk situs atau portal online.

Bahkan selain berita dalam bentuk situs atau portal, surat kabar juga sudah melengkapi portalnya dengan versi digital atau e-paper.

Sejak sejumlah penerbit surat kabar menampilkan konten halaman secara online dalam format digital, saya jadi tak perlu lagi ketinggalan berita aktual, kehabisan stok surat kabar di pedagang koran atau kehilangan halaman koran tertentu.

Kehadiran e-paper yang tampilnya persis koran aslinya juga membantu menghindari bertumpuknya koran yang bisa memuat ruang. Juga memudahlan dalam membuat kliping koran dalam bentuk file.

Salah satu e-paper yang sering saya baca ialah Tribun Timur ePaper yang dapat diakses melalui portal berita Tribun-Timur.com. Dengan e-paper seperti ini, kita tetap bisa membaca koran yang terbit setiap hari seperti layaknya membaca koran versi cetaknya dengan efek visual yang sama bahkan dengan halaman yang berwarna dibanding koran cetaknya.

Selain itu e-paper lebih interaktif karena bisa membolak-balik halaman dengan fasilitas navigasi yang tersedia atau memilih tampilan fullscreen dan fasilitas zoom hanya dengan menggerakkan mouse!

Pada beberapa e-paper, ada juga fasilitas print dan kolom pencarian. Namun, membaca koneksi e-paper perlu koneksi internet yang cukup cepat dengan bandwith yang cukup baik. | diolah dari manuskripkesunyian.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME