Mengenal Teknik SEO On Page - Off Page

21 Agustus 2011

MENANGGAPI sejumlah komentar yang disampaikan secara langsung oleh teman-teman terkait ulasan saya tentang Pentingnya Blogger Memahami SEO, maka malam ini saya lanjutkan bahasan tentang SEO ini dengan mengulas istilah SEO on page dan SEO off page.

Pada sejumlah referensi disebutkan bahwa SEO on page dan SEO off page merupakan faktor yang harus dikenali jika ingin sukses dalam persaingan optimasi search engine. SEO on page adalah segala bentuk teknik optimasi mesin pencari yang dilakukan pada dari dalam blog atau website. Sedangkan SEO off page adalah segala bentuk teknik optimasi mesin pencari yang dilakukan di luar blog atau website.

Beberapa contoh penerapan SEO on page ialah; penggunaan nama domain, penggunaan judul blog atau website, penggunaan deskripsi blog atau website, pemilihan judul posting, penggunaan headings (H1, H2, H3, dan seterusnya), penggunaan kata tebal, miring, garis bawah dan lain sebagainya, penggunaan internal linking (tautan ke halaman posting lain yang masih dalam bagian blog atau website yang dimaksud), Penggunakan tag alt pada setiap gambar dan masih banyak lagi.

SEO on page juga terkait dengan metode untuk membuat tampilan blog atau website menjadi lebih baik dari segi desain, isi halaman, maupun tema blog itu sendiri.

Sedangkan beberapa contoh penerapan SEO off page ialah; penggunaan backlink dari blog atau website lain, submit site map ke webmaster tools, ping dan lain sebagainya. Backlink adalah tautan dari blog atau website lain ke blog atau website kamu. Sebuah backlink diibaratkan sebuah rekomendasi, semakin banyak blog yang merekomendasikan blog kamu, maka blog kamu akan lebih mudah mendapatkan perhatian dari search engine.

Dalam konteks ini, menurut blog Kolom Tutorial, search engine melihat backlink bukan hanya dari segi jumlah, namun dari segi kualitas link (tautan). Semakin banyak kamu mendapatkan link dari website yang berkualitas (trusted site) maka blog kamu akan semakin diprioritaskan oleh mesin pencari.

Selanjutnya di blog Alvianputra, disebutkan bahwa dalam menggunakan metode SEO on page, beberapa hal perlu diperhatikan, diantaranya; tema blog atau website kamu sebaiknya sesuai dengan perkembangan dunia saat ini, buatlah blog atau website yang sederhana tetapi padat isi.

Selalu update blog atau website secara berkala dan teratur, buat sitemap agar blog atau website dapat dikenali oleh mesin pencari, dan buat setiap halaman blog atau website mempunyai judul dan tema yang unik dari blog lain.

Sementara dalam menggunakan metode SEO off page agar blog atau website kamu dikunjungi, beberapa hal perlu diperhatikan, yaitu; submit artikel ke dalam article directory, submit blog atau website ke dalam blog directory, sebarluaskan link blog atau website kamu dengan cara melakukan pertukaran link antar blogger, sebarluaskan link melalui social bookmarking seperti facebook atau twitter, dan banyak aktif dalam forum diskusi online.

Selain itu, kamu juga dapat memasukkan alamat blog atau website kamu pada mesin pencari untuk diindeks ke dalam database search engine sehingga pengguna internet dapat melihat link blog atau website kamu ketika melakukan pencarian, misalnya Google: http://www.google.com/addurl atau Yahoo!: http://siteexplorer.search.yahoo.com/id/free/request.

Inilah paparan saya yang sederhana tentang teknik SEO on page dan SEO off page, semoga paparan dan ulasan ini akan menambah wawasan SEO teman-teman. Selanjutnya, saya akan kembali mengulas beragam hal seputar SEO dalam postingan artikel berikutnya. Sampai jumpa dan salam blogger! | **

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME