Menjadi Blogger Berparadigma SEO

6 Agustus 2011

SEOSEKETIKA saya pun tertarik membahas SEO saat membaca tanya-jawab yang diposting seorang teman di grup Blogger Maros dalam situs jejaring sosial Facebook.

Tanya [T] dan Jawab [J] itu disampaikan oleh pemilik blog chapila.com, berikut penggalannya:

  • [T] Kenapa blog tidak ada pengunjungnya? [J] Karena blognya tidak ada tulisannya.
  • [T] Kenapa blog punya banyak tulisan tetapi tetap tidak ada pembacanya?[J] Karena blognya tidak menampilkan tulisan yang penting bagi pembaca atau Google atau isi blog itu hasil copy-paste
  • [T] Kenapa blog tetap tidak ada pembacanya padahal isinya bermanfaat untuk pembaca? [J]Karena Google tidak bisa membaca tulisan blog, makanya terapkan SEO onpage dengan baik.
  • [T] Saya sudah menerapakan SEO dengan baik, tetapi blog tetap tidak ada pembacanya? [J] Terapkan SEO offpage melalui backlink, blogwallking, share di situs jejaring sosial (facebook, twitter, google+ dan lainnya).
  • [T] Saya sudah menerapkan langkah itu, tetapi blog saya tetap tidak ada pembacanya? [J] Masa sih..? Mana tulisan kamu? Ya pantas, saya saja malas membacanya, judulnya terlalu klise: "Tips Mendapatkan Uang Hanya dengan Mengedipkan Mata".
  • [T] Lalu bagaimana saya mengetahui "hal-hal" yang dicari pembaca? [J]Gunakan Google Trend atau Google External Tool, lihat stat blog lain, apa yang paling sering dibaca.
  • [T] Saya sudah mendapatkan pengunjung cukup baik, lalu bagaimana saya bisa menjadikannya uang?[J] Pasang iklan dengan cara bergabung dengan situs penyedia iklan.
Perbincangan tentang SEO sebenarnya bukanlah hal baru dalam aktifitas blogging, meski begitu SEO akan selalu menarik untuk diulas. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari. Teknik ini memang banyak diminati blogger karena menjadi salah satu cara mendatangkan pangunjung blog. Namun apakah sebenarnya SEO itu?

Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.

SEO bertujuan menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing atau mesin pencari lain.

Inilah hal menarik dari SEO, membuat blog atau artikel menempati posisi teratas pada hasil pencarian, memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Bagi pemilik blog, SEO menjadi peluang mendapatkan penghasilan penghasilan melalui iklan. Sebuah cara memanfaatkan blog yang diistilahukan monetisasi blog. | *

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME