Jepretan Memukau dengan Kamera Ponsel

25 Oktober 2007

PADA mulanya fotografi dipahami sebuah media rekam gambar karena kemampuannya merekam obyek nyata menjadi gambar yang mirip dengan aslinya. Hal ini didasari atas pengertian dasar fotografi; melukis dengan cahaya, photos yang berarti melukis atau menggambar dan graphos yang berarti cahaya.

motret pakai hp

Dengan dukungan teknologi, fotografi kini menjadi begitu mudah. Lahirnya kamera sebagai alat mencipta foto pun kian mudah dioperasikan. Terlebih saat ini, lahirnya teknologi kamera digital menjadikan kegiatan potret-memotret nyaris menjadi bagian dari aktivitas keseharian. Bahkan teknologi kamera tersebut telah memasuki ruang pribadi seseorang dengan dihadirkannya pada ponsel.

Dihadirkannya teknologi fotografi dalam ponsel, tentu menjadikan fungsi ponsel semakin meluas hingga menjadi piranti dokumentasi. Fitur-fitur yang biasa kita temui pada kamera digital pun bisa didapatkan pada ponsel berkamera. Maka, tanpa menenteng kamera pun, kita sudah bisa jeprat-jepret memotret momen-momen indah di sekitar kita.

Meski memotret dengan ponsel adalah mudah, namun perlu dipahami untuk menghasilkan foto yang baik perlu ada pemahaman dasar tentang fotografi sebelum memotret. Minimal mengetahui komposisi foto, sudut pengambilan gambar (angle) dan jarak pemotretan yang baik.

Komposisi ini menjadi pemahaman dasar para fotografer dalam membuat foto. Terutama foto-foto pemandangan yang menampilkan garis batas horison, garis datar yang membagi dua bidang. Semisal pantai, persawahan, pemandangan alam di pegunungan dan lain sebagianya.

Caranya dengan membagi bidang gambar ke dalam tiga bagian di sisi panjang dan lebar. Pembagian ini akan menghasilkan sembilan kotak. Selanjutnya subyek foto diletakkan pada sepertiga bagian atau di dua pertiga bagian. Baik atas, bawah, maupun sisi kanan dan kiri. Garis horison juga diletakkan pada sepertiga atau duapertiga bidang foto. | baca juga di Panyingkul!

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME