Teknik Fotografi Keren yang Patut Dikuasai Fotografer

24 April 2016

Perkembangan fotografi saat ini yang didukung internet dan media sosial mendorong seseorang untuk menjadi kreatif secara visual. Hal ini menuntut setiap orang, terutama peminat fotografi, untuk mengikuti perkembangan tren fotografi ini.

Banyak orang akhirnya berlomba ingin mengambil foto dengan nuansa yang indah agar fotonya disukai orang lain, terutama saat foto tersebut dipublikasikan di akun media sosial, misalnya Instagram.

Inilah beberapa teknik fotografi keren dan patut dikuasai oleh peminat fotografi, sebagaimana kami dipaparkan oleh titikfokuskamera.com:

1. Fotografi Pinhole

teknik fotografi

Teknik ini mengajak para peminat fotografi untuk memahami 'teori dasar fotografi'. Sebelum kamera modern ditemukan dan memotret hanya dengan mudah, fotografi pinhole atau fotografi lubang jarum mengabadikan objek melalui tangkapan cahaya alami. Teknik ini, mengutamakan pengamatan pada objek secara lebih teliti sebab pengaturan pencahayaan dan komposisi dilakukan sendiri. Fotografi Pinhole lebih menantang dengan hasil foto yang berkesan klasik.

2. Monokrom Berwarna 

teknik fotografi

Jika foto monokrom selama ini identik dengan hitam-putih, dalam teknik fotografi monokrom berwarna tidak berlaku hal-hal ini. Monokrom berwarna memadukan hitam dengan satu warna lainnya yang bukan warna putih maupun abu-abu. Misalnya memainkan tone grayscale dengan tepat, komposisi foto pun bakal langsung tampak lain dari biasanya.

3. Fotografi Hitam Putih Kental

teknik fotografi

Fokus pada warna hitam dan putih saja untuk galeri foto di media sosial juga adalah jalan pintas buat mendapatkan perhatian, selama menawarkan kisah dramatis yang didukung dengan panorama alam yang tak biasa. Berbeda dengan fotografi hitam putih lainnya, teknis hitam putih kental ini lebih menekankan pada gradasi warna hitam yang dominan.

4.  Fotografi Refleksi

teknik fotografi

Dalam fotografi, ini bukan hal baru. Selain dapat dilakukan secara alami, fotografi refleksi juga dapat dilakukan melalui aplikasi editan foto yang banyak beredar sekarang, diantaranya aplikasi yang menciptakan efek mirror. Namun, ada sensasi tersendiri jika mampu menghasilkan foto refleksi tanpa bantuan aplikasi. Cari objek yang bisa memantulkan refleksi objek lainnya dan lihat apa yang terefleksi di dalamnya.

5. Fotografi Tilt-Shift

teknik fotografi

Memotret skala juga menjadi pilihan untuk menciptakan foto-foto unik. Menentukan skala dalam fotografi akan bergantung pada perspektif yang ada di dalamnya. Saat skala ini dengan sengaja diganggu, maka akan tercipta fotografi tilt-shift yang memainkan perhitungan skala yang dikenal oleh mata, sehingga memunculkan ukuran baru yang unik. Mungkin, fotografi tilt-shift agak susah dikuasai, tapi dengan banyak latihan, hasil  fotonya akan menambah keren galeri foto online.

6. Fotografi Timelapse

teknik fotografi

Lawan langsung dari fotografi high-speed atau kecepatan tinggi adalah foto yang diatur dalam speed yang sangat lambat sehingga terjadi blur karena berusaha menangkap pergerakan objek dalam tempo lambat. Timelapse dapat membantu mengurutkan berbagai momen dan menciptakan momen baru yang diabadikan jadi satu. Teknik fotografi ini dapat diawali dengan memahami light painting atau melukis dengan cahaya.

Ayo pelajari teknik-teknik fotografi keren di atas dan buat galeri foto makin keren! (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME