Fotografer Ini Berhenti Terima Job Foto Prewedding

30 November 2017

"Tidak ada satupun ulama/ustadz yang menyatakan foto Prewedding itu Halal. MUI pun jelas menyatakan Prewedding itu Haram.."

Untuk pasangan yang hendak melaju ke pelaminan, tidak afdol bila sebelumnya tidak melakukan foto Prewedding. Zaman sekarang, foto Prewedding semacam menjadi kebutuhan tersendiri bagi calon pasangan suami-istri.


Tak heran bila sekarang banyak sekali Fotografer yang menyediakan jasa foto Prewedding dengan segala promo-promo menarik. Tak hanya itu, guna merekam setiap momen perjalan pernikahan, para Fotografer juga berlomba-lomba membuat promo menarik seperti paket komplit mulai dari Prewedding, Wedding hingga Postwedding.

Namun berbeda dengan Fotografer andal yang satu ini, saat banyak Fotografer bersaing untuk bisa memberikan jasa foto Prewedding, ia malah berhenti memberikan jasa tersebut.

Ia adalah Hendy Wicaksono, Fotografer yang jasanya sudah sering dipakai oleh tokoh publik hingga artis-artis ibukota. YouTuber Arief Muhammad pernah menggunakan jasanya saat menikahi Tiara Pangestika. Tak hanya itu, artis cantik Fanny Ghassani dan Ridwan Ghany juga pernah menggunakan jasanya saat menikahi pasangannya masing-masing.

Melalui akun Facebook dan Instagram pribadinya, Hendy Wicaksono memberikan keputusan bahwa dirinya tidak lagi mau menerima job untuk Prewedding. Pernyataan tersebut ia unggah pada hari Minggu (26/11/2017) lalu.

Keputusannya yang mengejutkan beberapa pihak ini pun tentu saja beralasan. Ada beberapa hal yang membuatnya mantap untuk menghentikan jasa yang sedang dicari banyak pasangan ini. Keputusannya ini pun terkait dengan halal tidaknya Prewedding dilakukan kepada pasangan yang belum sah dan resmi menikah.

Bahkan, ia sebagai Fotografer merasa bersalah karena menjadi salah satu penggagas dari jasa Prewedding ini. Simak pernyataan Hendy Wicaksono ini:

"Tidak ada satupun ulama/ustadz yg menyatakan kalo Prewedding itu Halal..
MUI pun jelas menyatakan Prewedding itu Haram..
Lalu bagaimana bisa saya memohon pekerjaan yg saya lakukan barokah.. dan halal.. kalo yg saya lakukan adalah hal yg jelas Haram..

Sudah bertahun tahun pernyataan itu saya dengar..
Dan dengan bodohnya saya masih cuek bebek..
Seolah olah.. demi sebuah “mata pencarian” saya buat hal ini menjadi “Halal”.. saya kiaskan itu semua dengan sebuah sebutan “karya”..
Faisal Haris Kaya, Penampilan Ibunya Sekilas Biasa Saja, Tapi Tangannya Bikin Syok, Netizen: Astaga
Bertahun tahun saya merasa menjadi penggagas perilaku mereka yg belum muhrim/halal untuk 
Berpegangan Tangan, Berpelukan, hingga Berciuman.. Astaghfirullah..
Hingga mereka pun yg sdh menutup aurat, saya dengan egois dan benar benar menutup hati mengajak mereka melakukan prewedding dgn berbagai macam alasan kalo hal ini “biasa”..Tanpa memperhatikan Apa yang akan masuk kedalam perut anak istriku dr nafkah yg Haram itu..
Pernikahan itu adalah hal baik.. maka jangan lah hal yg menuju kesana diisi dgn hal yg Haram..
Prewedding itu memang luar biasa..
Sebuah budaya yg dikemas baik, indah, enak dilihat mata, menyenangkam buat mereka yg melakukan dan yg mencari nafkah di dalamnya.. sehigga mampu membuat hal Haram terlihat Amat sangat Halal.

Astaghfirullah..
Ah si ini foto prewedding gpp kok..
Ah si anak pemimpin ini prewedding jg gpp kok
Ah artis ini foto jg kok..
Bla bla bla..
Kebenaran itu bukan dr siapa yg melakukan.. tp dari apa yg ada di Quran dan Hadist..
Namun saya sadar.. prewedding ini ada karena kami. Kami para fotografer yg menawarkan “layanan” ini.
Kami yg membuat budaya ini semakin berkembang.
Awalnya cuma di studio.. dalam kota.. luar kota.. hingga ke luar negeri..

Saya sadar.. tanggung jawab kami yg menyebarluaskan ini..
Dan Kali ini saya memutuskan unt behenti dari kegiatan prewedding ini.. Juga saya mohon maaf kepada mereka semua yg sdh pernah saya ajak unt melakukan foto prewedding.

Karir yg meningkat itu harusnya bukan membuat kita semakin berlimpangan harta, kedudukan yg membuat kita jd lupa diri, atau banyaknya populasi yg menyukai kita.. yg semua membuat kita semakin sibuk dgn urusan duniawi.. Tapi seharunya kita semakin paham apa yg kita dapatkan ini barokah atau cobaan..

Demi aturan agama saya.. Demi nafkah yg masuk ke anak istri saya.. Demi nilai budaya Ketimuran..
Bismillah
I Quit.." 

Sontak, pernyataannya ini pun menuai tanggapan yang beragam dari para netizen, di antaranya:

Feby Kosmetik: Subhanallah, meninggalkan sesuatu krna allah, insya allah berkah..
Risa Zuardi: Saya sangat setuju dan mendukung penuh hal ini....alahamdulilah dan insyaAllah saya akan mengikuti jejak mas @Hendy Wicaksono yang mengumumkan secara terbuka
Viona Fabian Rahman: Alhamdulillah ga pakai pre wedding.. After wedding aja album nya dilihat lagi
Kangmas Harno: Manteb jiwa..tetep istiqomah ya duluur...

Hingga Rabu (29/11/2017) jam 09.00 WIB, unggahan itu sudah dibagikan lebih dari 11 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 2 ribu komentar netizen, demikian dikutip dari TribunWow.com. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME