Lebaran di Indonesia: Dari Mudik Hingga BBM

29 Juli 2014

MERAYAKAN lebaran di Indonesia terbilang unik, banyak tradisi yang masih dilakukan masyarakat hingga kini. Tradisi tersebut, munkin tak ditemui di negara lain. Berikut ragam tradisi lebaran di negeri tercinta ini:

lebaran

Mudik
Mudik adalah salah satu tradisi paling utama dalam Lebaran di Indonesia, sekalian dengan mengunjungi sanak keluarga bersilahturahi sekaligus meminta tuntunan doa pada Orang tua.

Takbir Keliling
Meng-agungkan nama Allah SWT dan mengakui kebesaran Allah Swt.) dengan berpawai atau mengadakan arak-arakan sambil bertakbir [biasanya di lakukan dengan berkeliling kota], takbir keliling biasa dilakukan sebelum dan sesudah lebaran.

Rampag Bedug
Menabuh bedug atau bunyi-bunyian yang berasal dari Bedug di lakukan berjamaah, bersama sama sehingga menghasilkan suara yang menghentak dan membangkitkan semangat dan biasanya di barengi dengan takbir di Masjid atau Mushola.

Ketupat
Hidangan Ketupat Lebaran dan Opor Ayam, hidangan ini akan semakin nikmat apabila disajikan dengan sayur godok, yakni campuran pepaya muda di potong kecil-kecil, tempe di potong dadu, kacang panjang di potong kecil kecil dan diberi kuah santan. Biiasanya juga disajikan dengan sayur opor ayam, rendang/semur dan kerupuk.

Mengirim Makanan
Saling mengirim makanan dalam wadah rantangan antara tetangga satu dengan tetangga lainnya (sebagai wujud saling terjalin-nya persaudaraan antara tetangga satu dengan tetangga lainnya).

Tunjangan Hari Raya (THR)
Biasanya dilakukan oleh perusahaan dengan memberikan tunjangan tersebut kepada karyawannya yang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya juga diberikan kepada anak anak kecil, ketika bersilaturahmi (halal bi halal) dengan tetangga atau saudaranya.

Baju Baru
Merupakan simbolik kemenangan atas kembalinya hati menjadi fitri (bersih) kembali dan telah terleburnya semua dosa dosa seperti bayi yang baru dilahirkan.

Halal bi Halal
Tradisi saling maaf memaafkan antara satu muslim dengan muslim lainnya.

Ziarah Kubur
Merupakan tradisi yang mengakar kuat di masyarakat selepas Shalat Idul Fitri, menggunakan moment di hari yang fitri untuk pergi ke makam mendoakan para leluhur dan keluarga yang telah wafat.

Petasan
Menyalakan petasan atau mercon dan meriam bambu, di Indonesia tradisi ini sering dilakukan bersamaan saatnya takbiran menjelang Lebaran, banyak yang melakukannya namun dengan berbagai alat, bukan hanya bambu dan sejenisnya.

Broadcast Message BBM
Banyak pengguna BlackBerry Messenger (BBM) di saat lebaran memilih mengirimkan broadcast message (pesan siaran) berisi permohonan maaf kepada semua orang yang ada dalam daftar kontak BBM mereka. Cara 'silaturrahmi digital' ini dinilai efektif untuk menyampaikan pesan saling memaafkan, meski orang yang di-broadcast dapat ditemui setiap saat.

Akhirnya, kami ucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1435 hijriah/2014 masehi. Maaf lahir dan Batin. (*)

*rangkuman dari berbagai sumber*

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME