Lima Tahun Ngeblog: Menulis Karena Suka

5 November 2011

HARI ini saya ingin berbagi cerita, karena hari juga secara kebetulan menjadi hari pertama saya membuat postingan dalam blog ini lewat artikel; Saya Ngeblog, Maka Saya Ada.

Lantas, untuk apa saya menulis di blog? Untuk menjawabnya, saya kutipkan paparan bung Agus Siswoyo dalam artikelnya yang berjudul; Mencatatkan Sejarah Diri melalui Kegiatan Blogging.

Menurut Agus, menulis dalam blog pribadi memiliki tiga makna penting, yakni; pertama adalah sebagai tempat diskusi dan sosialisasi gagasan. Kedua, memberi sumbangan pemikiran dalam mencari solusi terhadap suatu permasalahan. Ketiga, sebagai sarana proses aktualisasi dan eksistensi diri.

Selain itu, menulis adalah kegiatan produktif, ekspresif dan rekreatif kaum intelektual di mana pun. Medianya tidak terbatas pada buku, surat kabar, majalah, portal berita maupun blog pribadi. Sebagai kegiatan produktif, menulis bisa menjadi sebuah profesi yang mampu menghasilkan uang layaknya pekerjaan lain.

Sedangkan sebagai rekreatif kita bisa bermain-main dengan alam bawah sadar kita dan bersenang-senang dengan kreatifitas diri untuk menghasilkan tulisan yang lucu, menyentuh hati, menginspirasi atau bahkan menggerakkan banyak orang untuk bangkit dari keterpurukan.

Lebih lanjut disebutkan, lewat tulisan, pengetahuan bertambah, social-circle makin luas, daya analisa makin tajam, sikap makin bijak, rasa kemanusiaan makin peka dan keputusan serta tindakan pun makin menuju ke arah yang baik.

Lima tahun sudah saya ngeblog dengan pasang-surut postingan (lihat arsip blog ini). Meski sebenarnya saya memulai aktifitas blogging sejak sekitar tahun 2000. Kala itu, saya membuat webpage sederhana pada website www.geocities.com yang saat ini sudah "almarhum". Postingan saya di geocities.com itu lebih banyak berisi puisi dan foto, dua aktifitas yang rutin saya lakukan di masa-masa akhir kuliah.

Saat "demam" blogger melanda, saya pun ikut ngeblog dengan membuat blog ini. Bersama beberapa teman di Ininnawa dan Tanahindie, menulis di media digital menjadi rutinitas. Terlebih ketika itu Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri pun telah lahir. Selanjutnya, saya rutin mengirimkan artikel ke Panyingkul!

Saya menulis saja, menulis yang saya lihat, saya dengar, dan saya rasakan. Saya menulis karena memang suka menulis. Saya menulis untuk menjaga semangat dan energi kreatif. Karena aktifitas saya selama ini memang lekat dengan dunia penulisan. Bahkan dalam dunia kerja saat ini, menulis dan mengelola website menjadi salah satu aktifitas keseharian. Sampai sekarang saya tetap ngeblog, bahkan ikut mendampingi lahirnya Komunitas Blogger Maros.

Meski saya bukan penulis profesional, namun sampai saat ini sejumlah artikel, puisi, dan karya foto saya sudah dibukukan. | **

2 Komentar:

  1. Semangat kanda...
    5 Tahun sudah cukup lama dan berarti banyak hal yang bisa dijadikan manfaat :D

  1. manjilala mengatakan...:

    Wah semoga bisa tetap konsisten (www.gizimu.cim)

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME