Menjadi Selebriti di Dunia Twitter

18 Februari 2012

BEBERAPA pekan ini, istilah selebriti twitter atau dikenal selebtwit ramai diperbincangkan di Twitterland (Dunia Twitter).

Istilah ini digunakan untuk melabeli para twips yang populer bak selebriti atau disebut juga tokoh di dunia twitter.

Entah dari mana asal istilah ini. Seperti juga istilah twitter lain, selebtwit ini seolah telah baku dalam bahasa twitter.

Dian Widiyanarko di blognya, duniadian.com, pernah pemengulas hal ini. Menurutnya, istilah selebtwit memang tak memiliki kriteria yang jelas. Apakah seseorang disebut selebtwit itu karena memiliki banyak follower? Karena avatar atau foto profilnya menarik?

Karena sering menyampaikan twit berkualitas? Karena twit-nya sering di re-twit pengguna twitter lain? Ataukah karena dia memang seleb di dunia nyata? Memang tidak mudah menjawabnya.

Kesulitan mendefinisikan selebtwit sebenarnya sama dengan susahnya mendefinisikan istilah selebriti di dunia nyata. Terutama jika dikaitkan dengan kriteria baku kata selebriti itu, semisal siapa yang disebut selebriti? Apakah pemain film atau sinetron? Apakah seseorang yang sering tampil di ruang publik, televisi atau media?

Istilah selebtwit dan selebriti akhirnya menjadi label yang datang dari kesepakatan bersama, secara sadar maupun tidak. Selebtwit di dunia jejaring sosial ini biasanya juga adalah mereka yang ramai dibicarakan dan 'eksis' di twitter. Eksistensi mereka di twitter membuatnya menjadi selebriti. Seseorang yang twit-nya ramai diperbincangkan akhirnya menjadi selebtwit.

Selebtwit juga dipahami sebagai tokoh atau orang terkenal di twitter, mereka biasanya juga selebriti atau tokoh di dunia nyata. Sebaliknya ada juga yang di dunia nyata tidak terkenal sama-sekali, tapi di twitter sangat terkenal.

Mungkin karena twit-nya inspiratif, informatif, menghibur bahkan kontroversial yang akhirnya membuatnya terkenal di twitter dan dilabeli selebtwit.

Pemahaman lain, selebtwit adalah selebriti dunia nyata yang nge-twit. Tak sedikit memang selebriti yang memanfaatkan twitter untuk mendukung popularitasnya di dunia nyata. Berkomunikasi dengan para penggemarnya, menyampaikan apa yang dilakukannya atau kadangkala curhat.

Namun dunia twitter adalah dunia tanpa batas, yang memungkinkan setiap orang dapat menjadi seleb.

Nah jika mau menjadi selebriti di dunia twitter, jagalah eksistensi, usahakan nge-twit hal-hal yang inspiratif, informatif, menghibur dan 'mencerahkan', agar twit-mu ramai diperbincangkan, follow; @ihsyah. Hehehe.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME