Memaknai Semangat Hari Blogger Indonesia

27 Oktober 2011

EMPAT tahun yang lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh mencetuskan Hari Blogger Indonesia dalam pembukaan Pesta Blogger 2007.

Peringatan ini dimaknai dengan semangat mulai menekankan pentingnya para blogger mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan dan lainnya. Blog bukan sekadar curahan hati individu, namun menjadi tempat yang bisa membuka peluang bisnis di internet.

Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002.

Dalam data "Social Media Landscape" yang dikeluarkan salingsilang.com, jumlah pengguna blogger di Indonesia mencapai 4, 1 juta pada Februari 2011. Sebanyak 80,65 persen menggunakan blogspot.com (blogger.com) dan 14,5 persen menggunakan Wordpress. Sisanya menggunakan layanan lain.

Kini, konsep blog di Indonesia juga mulai dikombinasikan dengan sosial media, semisal Kompasiana. Dalam 3 tahun, Kompasiana memiliki sekitar 8000 member dan menjadi sarana jurnalisme warga, sekaligus wadah menjalin jejaring sosial dengan sesama Kompasianer, sebutan untuk penulis di Kompasiana.

Di microblogging Twitter, hari Blogger Indonesia ini diperingati melalui hastag #berkatngeblog yang berisi testimoni para blogger yang mendapatkan manfaat dari menulis blog. Sejalan dengan perubahan konsep blogging yang mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis.

Karenanya, Pesta Blogger yang menjadi momentum lahirnya hari Blogger Indonesia ini telah berubah menjadi OnOffID atau On Off Indonesia. | **

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME