Bincang Blog Bersama Anging Mammiri

7 Agustus 2007

KOMUNITAS Blogger Makassar, Anging Mammiri, menggelar seminar dan bincang Information Technology (TI) bertopik Blog For Life (BFL). Kegiatan yang berlangsung di Laboratorium IT Panakkukang Trade Center (PTC) Makassar ini mengulas segala hal tentang internet, Sabtu (28/7) lalu.

blog for life anging mammiri

Karena perkembangan internet saat ini telah mempengaruhi pola kehidupan masyarakat dan sudah merambah segala bidang kehidupan; pendidikan, gaya hidup, pergaulan, informasi, komunikasi dan sebagainya.

Bertolak dari hal itu, Anging Mammiri sebagai Komunitas Blogger di Makassar, merasa perlu berbagi pengetahuan tentang internet, terutama soal blog, beserta peranannya dalam aspek kehidupan masyarakat.

Dalam sesi Bincang IT BFL mengulas beragam hal tentang web-log atau blog yang selama ini dipahami sebagai media yang ikut andil dalam perubahan pola kehidupan masyarakat akibat perkembangan internet. Blog sendiri dimulai sejak akhir tahun 1990-an yang dipicu oleh adanya layanan memiliki blog gratis seperti Blogger dan peristiwa Black September di Amerika.

Blog sedikit demi sedikit menjadi media alternatif baru yang diperhitungkan.Perdebatan tentang apakah Blog dapat menggantikan media-media massa mapan masih terus berlangsung. Sedang di media mapan itu sendiri setiap minggu selalu ada artikel baru yang membahas tentang Blog dan perkembangannya.

Untuk itu, lewat Bincang TI BFL para blogger Makassar mencoba memberikan pengenalan yang lebih mendalam tentang blog beserta segala peran dan kegunaannya kepada masyarakat. Terutama generasi muda, untuk menghindari peran negatif dan menyerap peran positi dari blog (dan internet) itu sendiri.

Bincang IT BFL ini disiarkan langsung oleh radio Fajar FM. Dalam paparan tentang foto blog, saya kemukakan kalau foto blog adalah sejenis blog yang istimewa karena foto menjadi kandungan utama.

Salah satu foto blog yang paling terkenal saat ini adalah Photoblog. Situs ini dibangunkan oleh Brandon Stone pada tahun 2002. Pada awal diluncurkannya, situs ini hanya beranggotakan 15 blogger. Sekarang telah mencakup 10,000 blog dalam 40 bahasa.

Layanan foto blog lainnya yang cukup populer adalah Flickr. Layanan ini merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas online. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. Popularitasnya bertambah seiring peralatan komunitas online yang inovatif.

Karenanya, flickr semakin banyak digunakan oleh pengguna web sebagai tempat penyimpanan foto yang utama. Khususnya oleh anggota dari komunitas blog web. Ada juga Friendster, layanan yang paling banyak diminati terutama kalangan remaja, saat ini. Karena bisa menawarkan kemudahan menampilkan foto antar anggota.

Secara pribadi, saya membagi foto blog menjadi dua kategori. Pertama, foto blog yang menyajikan karya foto hasil bidikan pemilik situs atau blog. Foto seperti ini, tentu akan berisi pesan yang ingin disampaikan fotografernya, meski tak bukan fotografer professional.

Kategori kedua, foto blog yang memuat foto-foto pribadi pemilik blog. Mungkin foto bersama keluarga, kerabat dan sahabat, foto aktifitas keseharian yang lebih bersifat dokumentatif. Foto blog kategori kedua ini bisa jadi berkesan "narsis."

Friendster berada pada jenis foto blog kedua ini. Dari paparan ini, dapat saya disimpulkan kalau salah satu keuntungan foto blog adalah membantu kita kembali mengingat dan menceritakan hidup melalui fotografi.

Sebagai simpulan, pelaksanaan seminar dan bincang TI BFL ini telah mengukuhkan keberadaan Komunitas Blogger Makassar. | **

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME