25 Tahun Internet Merubah Cara Kita Berinteraksi

10 Agustus 2016

Bagi masyarakat modern, internet merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Secara sederhana, masyarakat menggunakan internet untuk e-mail, sosial media, chating, bermain game atau menonton video streaming.

Tim Berners-Lee.
Usia internet kini 25 tahun, uisa yang cukup matang melalui berbagai peristiwa dan perubahan, Menjadi salah satu penemuan terpenting pada abad 21 ini, tentu saja internet masih akan berkembang pada beberapa dekade kedepan.

Merayakan ulang tahun yang ke 25 internet bukan hanya berarti merayakan teknologi, namun merayakan sesuatu yang dampaknya merubah dunia. Internet telah merubah cara kita berinteraksi, tidak hanya telepon tapi chatting dan video-calling sudah menjadi komunikasi standar masyarakat modern.

Begitu banyak teknologi dan perusahaan yang tidak mungkin lahir tanpa internet, seperti Facebook, Google, Twitter, WhatsApp atau layanan jual-beli seperti Kaskus, Amazon atau iTunes. Internet juga berperan dalam bidang lain selain teknologi, di bidang finansial internet digunakan untuk Bank dan mesin ATM dan bidang kemanan digunakan pada CCTV.

Meski begitu akrab dengan kehidupan, namun masih banyak orang yang belum mengetahui kisah terciptanya internet hingga perkembangannya sampai saat ini. Mengutip situs TheVron, kelahiran internet berawal pada Maret 1980, saat itu ilmuwan kebangsaan Inggris, Tim Berners-Lee mengajukan proposal ke organisasi riset Eropa terbesar, CERN (European Organization for Nuclear Research) di Swedia. Proposal tersebut berupa Manajemen Sistem Informasi (Information Management System) yang akhirnya sukses melahirkan cikal bakal jaringan internet yaitu HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Agustus1991: World Wide Web Lahir

Proposal Tim Berners-Lee akhirnya diterima oleh CERN, hasil dari proposal tersebut melahirkan jaringan website pertama yang bernama World Wide Web (WWW), inilah sebabnya saat kita membuka website di internet diawali dengan www.

Ini menandai untuk pertama kalinya web tersedia untuk umum. Pada saat mengembangkan web Tim Berners-Lee menggunakan komputer buata Steve Jobs NeXTcube dengan sistem operasi NeXTSTEP produksi perusahaannya bernama NeXT. Komputer tersebut menjadi Server Web pertama di dunia.

Lalu situs internet pertama di dunia itu dibuka perdana untuk publik pada 6 Agustus 1991. Tim hanya mengumumkan proyek tersebut dalam sebuah grup Usenet, yaitu sebuah protokol komunikasi antar komputer yang terhubung melalui jaringan. Usenet disebut juga sebagai nenek moyang forum internet dan sudah ada sebelum internet atau world wide web dirilis.

Juli 1992: Foto Upload Pertama

Jauh sebelum istilah selfie populer, grup musik bernama Les Horribles Cernettes menjadi foto pertama yang diunggah ke website. Foto diambil oleh Silvano de Gennaro yang kemudian di-upload oleh Tim Berners-Lee.

September 1993: Web Browser Populer Pertama

Nexus pada 1990 merupakan web browser pertama di dunia yang dipakai oleh Tim, namun baru pada September 1993 web browser populer pertama lahir. Marc Andressen lah yang membuat Mosaic, internet browser populer pertama di dunia.

Januari 1994: Web Conference Internasional Pertama

Pada acara UCLA Superhighway Summit, konferensi internasional pada World Wide Web pertama dilakukan, menggunakan browser Mosaic buatan Marc Andressen. Salah satu tokoh peserta pada acara itu adalah Al Gore, mantan wakil presiden Amerika. Pada tahun ini juga tahun organisasi World Wide Web Consortium (W3C), yaitu konsorsium internet dunia didirikan.

Pertengahan 1994: Kafe Pertama yang Menawarkan Browsing

Tahun 1994 tampaknya menjadi tahun ketika internet mulai dikenal dan dipakai masyarakat luas Bahkan banyak bermunculan kafe yang menawarkan akses browsing internet di beberapa negara maju saat itu seperti AS, Kanada, dan Inggris.

Pertengahan 1994: Blog Pertama

Justin Hall perupakan blogger pertama di dunia, dia pertama kali membuat website harian alias ‘web diary’ bernama Justin’s Links from the Undergroud. Untuk pertama kali website dipakai oleh orang biasa untuk tulisan pribadi, dimana sebelumnya website digunakan untuk memberikan informasi atau berita. Ide ‘blog’ kemudian menjadi inspirasi untuk website media sosial saat ini.

April 1995: Kelahiran Toko Online

Jeff Bezos pada 1995 membuat amazon.com, toko berbasis online pertama yang awalnya menjual buku melalui website, dengan pembeli bernama John Wainwright menjadi pembeli toko online pertama. Di tahun yang sama situs eBay dibuat oleh programmer komputer Pierre Omidyar, awalnya merupakan website untuk lelang barang.

Agustus 1996: XML Dibuat

Extensible Markup Language (XML) merupakan standar bahasa yang mampu membuat struktur visual dokumen pada website secara rapih dan konsisten. XML dibuat pada Agustus 1996 oleh delapan pakar teknologi yang didukung oleh 150 pakar lain.

Agustus 1996: Handphone dengan Internet Pertama

Nokia 9000 Communicator merupakan handphone pertama yang dapat mengakses internet. Handphone menyerupai laptop ini merupakan high-end pada masanya. Fitur akses internet ini menjadikan penggunanya dapat online di mana saja.

Begitulah kisah terciptanya internet yang telah merubah cara kita berinteraksi dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan kita sehari-hari. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME