Cara Ampuh Mengatasi Internet Lambat

27 Februari 2015

SAAT ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan penting. Bukan hanya untuk mendukung pekerjaan, namun dibutuhkan juga untuk kehidupan sehari-hari. Pengguna internet pun sudah tidak terbatas lagi, dari anak-anak hingga lanjut usia.

internet

Internet sudah digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, alat untuk mencari berbagai jenis informasi, hingga alat untuk berbisnis. Sehingga pengunaan internet diharapkan menjadi alat yang dapat mengefisienkan waktu dan mempermudah penggunanya.

Karenanya, koneksi internet yang lambat dalam mengakses data bisa menjadi hambatan dalam memanfaatkan internet. Waktu yang lama dalam memperoleh atau memberikan data akan menjadi hal yang menyebalkan.

Apalagi jika sinyal tiba-tiba terputus begitu saja, waktu mendownload data yang lama menjadi hal-hal yang ingin hindari. Nah, berikut adalah 4 langkah cara ampuh mengatasi internet lambat:

Gunakan Kabel USB
Salah satu cara ampuh dalam mempercepat koneksi internet adalah menggunakan kabel USB. Penggunaan kabel ini akan mencegah modem berhubungan langsung dengan komputer. Sehingga modem dapat ditempatkan di tempat yang lebih tinggi untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Untuk pengguna dengan receiver luar maka cobalah mengecek apakah terdapat penghalang pada receiver atau mengecek kabel-kabel penghubung.

Cari Posisi dengan Sinyal Kuat
Jika menggunakan kabel USB masih mendapat hambatan dalam koneksi internet maka pencarian tempat dengan sinyal yang lebih kuat adalah langkah yang selanjutnya. Tempat-tempat tinggi biasanya menjadi sarang dari sinyal yang kuat, misalnya lantai atas rumah atau lantai atas kampus.

Lepas Koneksi Modem untuk Sementara
Penggunaan modem yang terlalu lama juga bisa menjadi hambatan dalam mengakses internet. Hal itu dikarenakan akses data yang terlalu berat bagi modem sehingga modem akan cepat panas. Tidak membutuhkan waktu yang lama dalam melepaskan modem. Cukup satu atau setengah menit saja dan pasang kembali modem, maka sinyal koneksi akan kembali cepat.

Akses Internet pada Waktu-waktu Tertentu
Waktu yang paling ideal untuk mengakses internet adalah saat aliran data sedang tidak padat merayap. Biasanya, waktu sore sampai tengah malam adalah waktu-waktu banyak orang mengakses internet sehingga aliran data akan padat dan koneksi menjadi lamban. Jadi waktu tengah malam sampai pagi adalah waktu akses internet akan berjalan lancar.

Itulah tahapan-tahapan cara ampuh mengatasi internet lambat yang bisa dilakukan untuk mendapat akses internet yang lebih kuat. (*berbagai sumber)

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME