Potret Modern Keluarga Khong Guan

3 Agustus 2013

SIAPA tak kenal biskuit Khong Guan? Biskuit beraneka rasa di dalam kemasan kaleng berbentuk kotak. Kemasannya mudah diingat dengan gambar keluarga kecil mengelilingi meja makan menikmati biskuit dengan kopi atau teh.

khong guan

Jenis biskuit yang terdapat dalam kemasan kaleng ini bermacam-macam, ada Big Royal Sandwich, Big Royal Wafer, Superco, Saltcheese Combo, juga Malkist Abon. Rasanya yang enak, cocok jadi oleh-oleh atau isi parcel untuk sahabat dan kerabat.

Sejak didirikan tahun 1970, sampai sekarang ilustrasi pada kaleng biskuit ini telah menjadi pengingat setiap generasi. Ilustrasi itu tetap sama, seorang ibu menuang kopi atau teh dari teko ke gelas dan dua orang anak yang sedang menikmati biskuit. Dengan mode pakaian dan rambut “jadul” era tahun 70-an, Khong Guan tetap konsisten dengan gambar keluarga ini di kemasannya.

Hingga kemudian pemilik blog fantasimatahari.blogspot.com mempublikasikan ilustasi 'potret modern' keluarga Khong Guan dengan 'mengganti' teko dan biskuit yang mereka dipegang dengan smartphone, menjadikan keluarga ini lebih modern.

Potret modern keluarga Khong Guan ini menyirat pesan, saat teknologi digital menjadi bagian dari kehidupan, setiap orang tak ingin ketinggalan mengabadikan moment; foto dulu sebelum makan. Menyindir perilaku manusia masa kini, saat orang-orang selalu sibuk dengan gadget.

Sebenarnya potret modern keluarga Khong Guan ini bukanlah foto baru, dipublikasikan pertamakali pada Maret 2011 dan lalu berpindah ke banyak laman web dan blog, bahkan berkembang menjadi parodi melalui serentetan foto bercerita lucu.

Namun meski sudah lama, Potret Modern Keluarga Khong Guan ini adalah potret kondisi saat ini; apapun makananya, foto dan share dulu. | *

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME