Muasal Merek Produk Elektronik Kelas Dunia

21 Desember 2009

APAKAH kamu menyadari kalau nama merek produk elektronik yang selama ini kamu gunakan mempunyai nilai sejarah yang panjang untuk dikenal seperti sekarang?

Untuk mengenal perjalanannya, mari kita telusuri lebih dekat bagaimana merek-merek kelas dunia itu diciptakan dan diberi nama.

Apple
- Pada saat awal berdiri, perusahaan Steve Jobs masih belum memiliki sebuah nama selama kurang lebih tiga bulan. Pada saat Steve Jobs makan buah apple maka tercetuslah ide untuk memberi nama perusahaannya itu dengan nama Apple.

Canon - Ketika Precision Instrumen Laboratorium Optikal pertama kali mulai dikembangkan di Jepang, awalnya menggunakan lensa kamera 35mm yang dilengkap dengan focal plane shutter, para insinyur mengatakan bahwa ini merupakan penciptaan "Kwanon" setelah dewi Buddha memberi petunjuk. Ketika kamera telah siap dijual di seluruh dunia pada 1935, perusahaan memutuskan untuk sedikit merubah nama menjadi "Canon" sehingga akan lebih mudah diterima bagi pasar internasional.

Compaq - Berasal dari kata Computer dan Pack yang mengartikan komputer kecil yang terintegrasi, sesuai dengan produk pertama mereka yang sangat compact Compaq Portable.

Kodak - George Eastman merupakan pendiri dari perusahaan ini pada tahun 1888. Eastman mencari nama yang pendek untuk dijadikan merek dengan alasan lebih mudah diucapkan dan hanya merujuk kepada produknya. Kemudian Eastman mengatakan bahwa dirinya menyukai huruf "K" karena memiliki kesan kuat dan tajam dibanding dengan huruf lain. Setelah itu Eastman ingin memiliki sebuah merek yang diawali dan diakhiri dengan huruf "K" maka terciptalah nama KODAK.

Motorola - Pendiri perusahaan Paul Galvin memilih nama itu pada konvensi ejaan penamaan lama yang meletakkan "-ola" pada akhir kata nama-nama radio seperti Victrola. Sejak Galvin dan perusahaan yang membuat radio yang bisa dibawa kemana-mana, ia menggabungkan kata "motor" dengan "-ola" untuk mendapatkan nama merek tersebut.

Nokia - Perusahaan elektronik Modern seperti Nokia pada awalnya bukan merupakan perusahaan selular seperti saat ini. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1865 merupakan pabrik kertas yang berada di Tampere, Finlandia. Ketika pemiliknya Fredrik Idestam membuka pabrik kedua di Nokia, Finlandia, dia ingin agar nama kota tersebut menjadi nama merek. Maka nama kota tersebut diambil dari nama sungai yang melintasi kota tersebut, yakni Nokianvirta River.

Sanyo - Nama Sanyo berarti "tiga lautan" dalam bahasa Jepang; pendiri perusahaan ingin menjual produknya melalui jalur samudra India, Atlantik, dan Pasifik untuk mencapai seluruh dunia.

Sega - Sega memulai bisnisnya di Hawaii pada tahun 1940 sebagai penyedia game standart berupa mesin Pinball untuk hiburan para prajurit perang. Pada 1951, perusahaan ini pindah ke Tokyo, Jepang dan menamai dirinya "Service Games." Nama ini untuk mencerminkan perusahaan bisnisnya di bidang mesin permainan yang menggunakan koin sebagai jalan memenuhi kebutuhan prajurit Amerika. Pada 1965, Service Games merger dengan Rosen Enterprises dan namanya disingkat menjadi SEGA.

Seiko - Perusahaan pembuat arloji yang mengambil nama dari kata Jepang yang berarti "sempurna" atau "sukses"

Toshiba - Toshiba dibentuk pada tahun 1939, merupakan hasil merger dari dua perusahaan. Tokyo Denki adalah perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods dan perusahaan mesin Shibaura Seisakusho. Mengambil beberapa huruf depan dari masing-masing perusahaan "TO" dan "SHIBA" maka lahirlah merek Toshiba.

Akhirnya kita pun menyadari kalau menciptakan nama sebuah produk tidaklah main-main, apalagi jika kita meyakini suatu saat produk itu akan dikenal meluas. | bahan bacaan Kreditmart.

0 Komentar:

Posting Komentar

 
IHSYAH blogwork | lihat juga BLOGSPOTISME